Bagaimana Menghasilkan Uang Saat Liburan

nda sekarang pasti tengah menikmati liburan. Kalau anda seorang pegawai atau karyawan, pasti masa liburan seperti sekarang ini sangat anda nantikan. Dan anda manfaatkan penuh untuk refreshing, melemaskan kembali otot-otot yang tegang setelah berhari-hari dipenuhi tugas kantor yang tak pernah selesai.

Berkumpul bersama keluarga tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk bersantai. Bisa dengan mengajak keluarga berwisata ke suatu tempat, makan bersama di restoran terkenal, atau berkunjung ke sanak saudara di lain kota.

Apapun yang anda lakukan pastinya diusahakan tak ada kaitanya dengan tugas kantor anda. Bahkan barangkali segala hal yang terkait dengan pekerjaan kantor anda, sebisa mungkin anda singkirkan jauh-jauh dari pandangan anda.

Ok. Saya sangat paham apa yang anda rasakan. Setiap orang pastilah butuh saat-saat tenang. Tanpa harus selalu dikelilingi oleh pekerjaan kantoran yang (mungkin) membosankan dan tak bakal pernah ada habisnya itu. Hidup memang memerlukan keseimbangan.

Namun, waktu liburan seperti sekarang ini bukan berarti kemudian penghasilan ikut berhenti. Kita tetap bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang, sambil tetap menikmati liburan tentunya. Dan cara terbaik untuk mewujudkannya adalah dengan memiliki bisnis online yang selalu mengalirkan uang. Bisa lewat situs web, blog, maupun bisnis online lainnya.

Kalau saat liburan, biasanya traffic memang tidak terlalu ramai. Karena tidak banyak orang yang online. Meskipun demikian, bukan berarti tak ada yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga pundi-pundi uang mengalir lancar. Kalau saya, biasanya yang dilakukan seperti ini:

  • Menjawab pertanyaan. Menanggapi pertanyaan pengunjung sangat penting bagi perkembangan bisnis apapun. Sebab, dengan begitu penanya merasa diperhatikan. Hal ini menunjukkan kalau anda memang orang yang terbuka dan berniat mengembangkan komunikasi dua arah. Bagi bisnis, keterbukaan sangat penting nilainya untuk meraih kesuksesan.
  • Menjalin hubungan. Membangun hubungan dengan blogger atau pebisnis online lainnya sangat penting untuk kesuksesan bisnis online anda. Bisa jadi, lewat hubungan yang terjalin mesra selama ini tercipta kesepakatan-kesepakatan bisnis, rekomendasi, atau mungkin tambahan link dari situs web lain. Meski sepertinya sepele, punya hubungan baik dengan banyak pihak akan sangat membantu bisnis online anda. Biasakan berhubungan dengan mereka lewat email atau instant messenger. Meski sekadar cuma “say hello” menanyakan kabar, pasti nantinya ikut berpengaruh terhadap bisnis anda.
  • Lakukan SEO. Traffic yang ramai adalah sumber uang yang melimpah. Karena itu, sebisa mungkin situs web atau blog harus nangkring di urutan atas search engine. Untuk itu tak ada jalan lain selain melakukan Search Engine Optimization (SEO). Seperti dengan menambahkan atau memperbaiki keyword.
  • Membuat perencanaan minggu depan. Terutama sebelum weekend, biasanya saya sudah siap dengan perencanaan untuk minggu depannya. Sehingga begitu saatnya tiba, saya tak bingung lagi apa yang harus dilakukan. Dengan membuat planning yang jelas akan sangat menghemat dan mengefektifkan waktu kita.
  • Tetap Belajar. Saat liburan, saya biasanya menyediakan waktu khusus untuk membaca. Dan ini bisa dilakukan sambil menemani sang buah hati. Saya bisa baca buku atau ebook yang telah didownload sebelumnya. Dengan selalu meng-upgrade pengetahuan yang dimiliki, kita akan selalu siap untuk mengembangkan bisnis kita.

Memang aktivitas di atas tak ada yang langsung menghasilkan uang. Tapi dengan melakukan aktivitas tersebut secara konsisten akan memperlancar bisnis online anda untuk berkibar dan merengkuh kesuksesan. Sehingga uang pun akan terus mengalir ke kantong anda tanpa kenal libur.

Kalau anda, apa yang dilakukan untuk menghasilkan uang saat liburan?

by Joko Susilo

Popular posts from this blog

10 MANFAAT DAUN MENIRAN & KANDUNGAN MENIRAN MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Cara Gampang Membersihkan AC Rumah Sendiri