Sukses Membangun Komunitas Fans Blog anda

Apa jadinya blog tanpa pembaca? Pasti tak bakal ada blog yang berkembang pesat dengan traffic yang melimpah ruah dan penghasilan yang mengalir deras. Sebaik apapun tampilan dan isi sebuah blog, segalanya tetap ditentukan pembaca. Pembacalah yang menjadi penentu baik tidaknya blog anda.

Oleh karena itu, kehadiran pembaca perlu dijaga, dirawat, dan diberi perhatian. Tidak cukup hanya dengan menyediakan content bergizi lewat artikel-artikel bermutu anda. Tapi beri kemudahan untuk mengakses blog anda dengan cara yang mereka suka. Agar interaksi anda dengan mereka selalu dapat terjalin mesra.

Banyak cara yang bisa anda terapkan untuk mulai membangun komunitas fans blog anda. Prinsipnya sederhana, gunakan berbagai jalur untuk selalu menyapa dan menemui mereka. Berikan kemudahan mereka untuk berinteraksi dengan anda. Beri mereka penghargaan karena turut membesarkan blog anda.

Seperti ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan:

- Gunakan email.
Dorong penggemar blog anda untuk mendaftarkan diri melalui RSS feed anda. Sehingga begitu posting terbaru terbit, mereka bisa langsung menikmatinya lewat email. Dengan begitu, mereka tak akan pernah ketinggalan artikel terbaru anda. Otomatis nama blog anda juga selalu melekat dalam benak mereka. Dan pasti mereka akan selalu mengunjungi blog anda. Cara ini sangat efektif terutama bagi penggemar blog anda yang sering memakai email.

Untuk mencobanya anda bisa manfaatkan penyedia RSS feed, seperti FeedBurner. Anda bisa mendaftar di sana secara gratis. Setelah mendaftar, klik PUBLICIZE dan cari EMAIL SUBSCRIPTIONS.

- Manfaatkan Social Media.
Menggunakan social media sangat ampuh untuk memperbesar jumlah penggemar blog anda. Sebab, pengguna internet sering mengunjungi social media untuk mengetahui perkembangan blog terkini. Sehingga meski awalnya cuma kesasar, sangat mungkin kemudian mereka ikut kesengsem dengan blog anda. Contoh social media seperti Digg. Anda bisa daftarkan artikel anda di sana.

- Berikan kemudahan berkomentar.
Setelah membaca sebuah artikel yang menarik, pembaca biasanya tergerak untuk memberikan komentar. Karena itu, berikan kebebasan dan kemudahan untuk memberikan komentar. Hindari perlakuan yang berbelit-belit untuk bisa memberi komentar, seperti pengunjung harus menjadi member blog terlebih dulu misalnya. Tidak perlu pula melakukan cek terlebih dulu terhadap semua komentar. Karena selain merepotkan anda sendiri, juga membuat blog anda terkesan tertutup. Kalau khawatir dengan spam, anda bisa menangkisnya dengan memakai Akismet. Sebagai tambahan, anda perlu juga memancing pembaca agar tergerak memberi komentar. Triknya bisa anda baca di sini.

- Tampilkan komentar terbaru
Dengan menampilkan komentar terbaru di blog akan membuat blog anda lebih atraktif. Anda pun akan lebih gampang mengetahui adanya setiap komentar baru. Untuk menerapkannya, anda bisa cari “Recent Comment Plugin” di search engine.

- Buat blog berkesan personal.
Untuk membangun komunitas penggemar yang kuat, dibutuhkan interaksi yang tulus. Sulit mengharapkan itu terjadi bila anda menutup diri. Tak usah malu-malu, tampilkan diri anda pada mereka agar mereka bisa tahu siapa anda. Anda bisa melakukannya dengan memasang foto, podcast (audio), dan video anda. Sehingga mereka bisa makin kenal siapa diri anda, seperti apa suara anda dan seperti apa gerak-gerik anda. Kata banyak orang, ketertarikan seseorang terhadap orang lain berawal dari segi fisiknya.

Bagaimana? Tidak sulit kan membangun komunitas fans blog anda?

by Joko Susilo

Popular posts from this blog

10 MANFAAT DAUN MENIRAN & KANDUNGAN MENIRAN MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Cara Gampang Membersihkan AC Rumah Sendiri