Tips Aman bermain Adsense



Tips Aman bermain Adsense. Ya  mungkin ini judul yang tepat saat dapat pengalaman buruk ketika Adsense ku di banned. Berbekal pengalaman tidak menyenangkan ini, terpaksa kuberanikan menulis postingan tentang Adsense, dengan harapan para rekan semua tidak mengalaminya, soalnya aku sendiri juga pemain baru belum banyak pengalaman, siapa tahu berguna.

Google yang baik hati..begitulah kira-kira,setengah tahun yang lalu betapa sukacitanya aku..ketika aku di approved adsense...huh...diterima juga jadi "karyawan" google setelah sekian lama melintang pukang didunia blogging...begitulah cita-cita kebanyakan blogger yang ingin sukses jadi netpreuneur macam mas Cosa Aranda...ups ketinggian ngga sih? lha wong belum dapat apa-apa dari mbah google kok udah mbandingin dengan mas Cosa yang udah dapet 5 digit per hari..weleh weleh..so ngga apa-apa toh biar pemula ya dikit-dikit mbah google udah berbaik hati ngasih aku gaji (lumayan dapat pengalaman beberapa kali tanda tangan di western union), toh harapan pengin jadi seperti mas Cosa tetap melambung..meski trik SEO pas-pasan, ya akhirnya terjebak rutinitas blogwalking yang melelahkan.


Blogwalking..yah..blogwalking...rutinitas dan kebiasaan yang tidak bagus untuk pakem adsense publisher...selain melelahkan, waktu buat keluargapun terganggu. Dalam dunia adsense kegiatan ini ternyata benar sangat riskan dilakukan, begitulah pengalaman yang dapat saya petik. Dalam budaya Indonesia mengundang tamu adalah sebuah kebiasaan mulia apalagi dibumbui dengan semangat gotong royong hehehe...tetapi ternyata tidak demikian dalam dunia adsense...mengundang tamu ke blog kita yang berisi google adsense ternyata benar sesuai dengan saran para master adsense, sangat rawan terhadap terjadinya "fraud click"...so yang masih naruh adsense di blognya sebaiknya dikurangi atau dihentikan sama sekali...apalagi yang biasa menggunakan semangat gotong-royong...waah stop gan!

Yah beginilah nasibku...sudah hampir sebulan aku dipecat jadi karyawan google gara-gara fraud click yang entah dari mana datangnya,3 buah blogku yang berbahasa Inggris sudah raib adsensenya  padahal ada balance akun sebesar $250an nunggu cair di akhir bulan...waduuuh....kejadian ini terjadi dimana sebelumnya pada pertengahan bulan maret lalu dapat kiriman email dari tim google tentang disable account, nah parahnya lagi blog inipun yang nota bene berlainan accountnya yang kebetulan berbahasa Indonesia yang cuma dapat jatah adsense feed & search juga di disable...nah loooo....aduuuh semangat dikit kenapa sih?..iyaah..aku masih semangat kok..masih ada harapan. Nah karena aku masih punya harapan dan semangat lantas kukirim saja Appeal Adsense form....ceritanya naik banding nih....bla bla bla...ngga sampai 5 menit udah dapat jawaban yang intinya pihak google tetap memperhatikan pengaduan akan tetapi tidak menjamin account dapat diaktifkan kembali (toh aku masih berharap)...haduuuh...ngga papa deh..semangat-semangat, dunia belum kiamat,toh google masih berbaik hati...blogspot masih buka gratis untuk saya dan anda semua toh...google search engine masih berbaik hati detect blog kita toh...walaupun 4 blogku kena banned adsense sekaligus, update awal april ini 3 blogku yang berbahasa inggris masing-masing diganjar PR3 dari semula PR0 dan PR2..yah sedikit buat tombo ati, mungkin begitu kira-kira maksudte mas google.(Google memang aneh).

Pengalaman adalah guru yang paling baik, begitu pepatah lama mengatakan..sekalipun itu pengalaman buruk, toh ngga ada salahnya kita sharing disini buat para adsense publisher pemula seperti saya...so selalu semangat dan berfikir positip saja walau pahit dirasakan. Bagi para publisher adsense pemula seperti saya(mantan) perlu diperhatikan beberapa hal, agar anda awet jadi karyawan google..hihi..

1. Patuhi TOS (Term of service) google adsense, anda pasti sudah ngerti deh..kalo lupa baca-baca lagi..siapa tahu ada update baru lagi.

2. Jangan membuat akun adsense lebih dari satu dengan nama dan alamat sama( termasuk alamat IP dan komputer), kalaupun sekarang masih aman, lambat laun pasti ketahuan,percaya aja deh.

3. Jangan campur baurkan iklan adsense dengan iklan lain (apapun jenis iklan tersebut),google tidak menyukai itu..memangnya google disuruh bersaing dalam blog anda?

4. Jangan menaruh script adsense anda pada blog berbahasa Indonesia (bahasa Indonesia tidak di support oleh google), kalau anda memaksakan diri dengan mengubah script setting languangenya memang bisa muncul iklan berbahasa Indonesia, tapi ini tidak menjamin adsense anda akan berumur panjang.

5. Hindari blogwalking yang dapat menjebak anda terhadap komunitas gotong royong (waah ini paling rawan fraud click), usahakan blogwalking demi murni mencari traffic saja. Atau kalau anda tetap kuatir dengan hal ini, lebih baik copot saja widget chatbox dari blog anda. Terapkan SEO yang mantap untuk mencari traffic dari search engine (untuk ini tanya aja pada para master)...karena klik dari search engine dinyatakan paling valid dan nilainya gede, apalagi dari negara-negara premium (AS & Eropa barat)karena dari area negara-negara inilah deal transaksi online lewat adsense sering terjadi, karena transaksi online dari negara-negara beling tersebut sudah sangat familiar,berbeda dari negara dari kawasan Asia, latin atau Afrika.Sedangkan klik yang rawan fraud lainnya kebanyakan dari link-link yang anda taruh di chatbox,forum,socialcommunity dll. Apalagi klik dari IP sendiri waduuuh..bisa kiamat. Pengalaman dari BW ini aku pernah mendapatkan klik brutal dari "orang gila" yang entah alasan apa...sampai CTR ku 650%..ya 650% dari total pengunjung....eh esok paginya dapat lagi bom klik sampai CTR 450%....aku merenung saat itu, apa yang telah aku perbuat hingga ada orang setega itu, padahal selama blogging aku baik-baik saja.ngga pernah nyakitin orang...lihat saja deh di blog ini saja aku welcome sekali...cek saja link di blogroll lumayan banyak kan...? aku selalu approve jika ada yang tuker link , aku termasuk orang yang ngga pilih-pilih kalau tukeran link lho...hihi... Nah..kembali lagi tentang CTR..and then...dapat CTR segede itu langsung saja aku laporin ke pihak google, bahwa ada yang aneh di blog aku pada jam sekian hari sekian tanggal sekian....dan aku dapat jawaban yang intinya pihak google memaklumi hal itu...aman....google memang baik hati kok. Pelajaran dari sini, tolong cek setiap saat akun para rekan..kalau da hal-hal yang yang aneh..segera laporkan..pasti google merespon dengan baik. Nah untuk kasusku yang sekarang, suwer aku ngga tau sama sekali penyebabnya...lha wong pengunjungku normal-normal saja..CTR pun dibawah 10% atau 14% paling gede, tiba-tiba ada fraud klik.huhuhu....yo wis lah....namanya yang punya otoritas bilang begitu mau apa?

7. Jika anda pengguna note book,disarankan matikan saja touchpadnya...atau setting level sensitivitasnya seminimum mungkin, karena sering terjadi saat kita buka blog sendiri,tanpa disadari panah kursor sering tepat diatas link adsense...nah kalo pake touchpad...sangat rawan tersentuh tidak sengaja..maka yang terjadi enter klik link adsense diwajah sendiri..hihi...suwer aku pernah ngalami kemaren,mungkin gara-gara ini diantara kemungkinan lain aku di banned.

8. Tutup rapat alamat url blog anda yang terpasang adsense (rahasiakan), jangan beri tahukan kepada siapapun...kalaupun orang terdekat semisal istri atau pacar anda..beri pengertian yang cukup tentang dunia adsense. Karena dengan orang lain, teman, saudara atau entah siapa saja yang mengetahui alamat url blog anda..maka dia pasti akan berkunjung ke blog kita secara "dirrect visit" alias pengunjung langsung, dengan cara mengetikkan lamat url kita pada browsernya....nah dikhwatirkan entah alasan apa... dia tertarik ngeklik adsense...waaah bahaya..klik dari dirrect visitor juga dinyatakan invalid cklick..karena google mencurigai anda sendiri yang melakukan klik..atau menyuruh orang lain untuk nge klik adsense anda...

9. Rajin-rajinlah anda nguping & ngulik di adsense-id.com, komunitas para publisher adsense id...jadilah member, banyaklah nanya ini itu disana.

Ah itu sajalah yang paling penting, untuk aturan-aturan baku toh sudah ada pada TOS silahkan anda cermati kembali, semoga anda tidak mengalami kejadian seperti saya, jangan lupa banyak berdo'a dan beramal, kalo sudah sukses jangan lupakan saya..hihi..terima kasih mas google...anda tetap baik hati dan number one kok :)

Comments

  1. wah, sama kejadiannya ama adsenseku gan, sampai 6 kali ganti akun saya, pertama saya sempat sakit hati padahal gak klik,tapi setelah baca bbrapa tips dari para master seperti agan saya jadi ngerti, salam sukses.

    ReplyDelete
  2. Salam Sukses balik Gan, btw kasih tip adsense juga untuk aku dong,

    Rgds,
    Soleh Sugianto yang sedang sakit hati dan sedih..:(

    ReplyDelete
  3. oh iya, ada nih gan, tips dari salah satu master SEO, kalo mo ngecek adsense sebaiknya pake HP aja biar IP kita gak ditandai ma robotnya google, trus di banned dgn alasan click fraud, dsb. tapi sekali2 pake kompi atw laptop gk masalah, ini udah aku buktiin sndri dgn 8x dibanned tanpa alasan jelas, jd skrg aku pake HP aja ngeceknya, aman.

    ReplyDelete
  4. OK Gan Febry, makasih ya masukannya... betul...hehheheheh semoga sukses... cuma sekarang inetku ko cepet abis ya limitnya... make im2 unlimited broom cepet abis, baru juga setengah bulan....
    salam,
    soleh sugianto

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

CONTOH MEKANISME PELAKSANAAN SUPPLIER AUDIT

Contoh KOMPETENSI DAN EVALUASI INTERNAL AUDITOR ISO

5 Unsur Penting Sales Letter