Bau Mulut Jangan Dunk............

Terkadang kita suka khawatir jangan-jangan setiap bicara, kita mengeluarkan baumulut yang tidak sedap. Jangan khawatir dulu karena hampir semua orang pernah mengalami problem ini. 

Biasanya bau mulut berkaitan dengan kebersihan mulut yang tak terjaga, selain gigi berlubang, infeksi gusi dan xerostomia. Xerostomia berciri mulut kering, air ludah kental dan sering merasa harus membasahi kerongkongan. Umumnya xerostomia disebabkan oleh dehidrasi, stres, 
pemakaian obat kumur mengandung alkohol, usia lanjut, radioterapi, dan obat-obat tertentu seperti antidepresen, antiasma, dan antihistamin (anti-alergi).

Penyakit atau kelainan yang lebih serius bisa juga menyebabkan bau mulut. Misalnya, perubahan hormon, gangguan pencernaan, sinusitis, infek amandell, bahkan kanker, diabetes, bronkitis kronis dan gangguan 
hati serta ginjal. 

Berikut tips yang bisa diikuti untuk menjaga mulut kita tetap bersih dan nafas segar:
Penting sekali untuk menjaga mulut bersih. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari. Banyak Ahli menyarankan juga membersihkan lidah karena bakteri juga bisa tinggal di sana.

Gunakan obat kumur untuk mengurangi bakteri, namun jangan pilih obat kumur dengan pembawa alkohol. Anda boleh berbahagia, karena menurut para ahli, obat kumur bisa menahan bau mulut sampai delapan jam. 
Namun, tentu jika kebersihan mulut tak dijaga, bau mulut akan muncul lagi.

Jika Anda menggunakan kawat gigi yang dilepas, pastikan kawat gigi selalu bersih baik saat menyimpan maupun saat menggunakannya kembali.

Jika ada jarak antara gigi, atau ada infeksi gusi, gunakan sikat gigi interdental yang digunakan pada segitiga antara gigi dan gusi.

Jika perlu, hindari dulu makanan yang dapat memicu bau mulut seperti ikan, daging, produk susu, makanan pedas, bawang merah, bawang putih, kopi dan makanan manis.

Minum banyak air!

Jangan lupa sarapan dan makan secara teratur supaya produksi air ludah lancar. Jika perlu, kunyah permen karet tanpa gula untuk meningkatkan saliva.

Permen mint memang bisa membantu bau mulut lebih baik, tapi hanya sementara. Ahli mengatakan, permen dengan kandungan minyak sinamon akan membantu menghilangkan bakteri mulut yang merugikan.

Atasi stres!

Hindari rokok dan minuman beralkohol


Naah selamat mencoba ya..

Salam

Popular posts from this blog

10 MANFAAT DAUN MENIRAN & KANDUNGAN MENIRAN MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Cara Gampang Membersihkan AC Rumah Sendiri