Desa Prailiu

Prailiu adalah sar penduduk lokal menganut agama Kristen, mereka masih mengikuti tradisi-tradisi lokal berdasarkan agama asli mereka yaitu Marapu. Rsalah satu desa tradisional yang eksotis di Sumba. Terletak di pinggiran kota Waingapu, ibu kota Kabupaten Sumba Timur sekitar dua kilometer dari pusat kota. Meskipun pembangunan berjalan dengan pesat, namun rumah-rumah tradisional berarsitektur tinggi dan beratapkan daun masih dapat Anda ihat di sini meski beberapa di antaranya sudah beratap seng dengan desain yang berbeda. Pemerintah daerah, dibantu Bank Dunia, saat ini sedang merekonstruksi rumah tradisional lokal di Prailiu. 

Meskipun sebagian beumah-rumah Tinggi dan proses penguburan misalnya, berkaitan erat dengan kepercayaan tradisional mereka. Rumah tradisional mereka memiliki tiga bagian, yaitu mewakili kosmologi setempat, bawah tanah sebagai rumah orang mati, bagian tengah rumah untuk hidup dan atap sebagai rumah para Dewa.

Selain rumah-rumah tradisional, Prailiu juga memiliki sejumlah kuburan kuno. Anda juga dapat menemukan kain tenun tradisional yang terkenal dan melihat proses menenunnya di sini.


Popular posts from this blog

10 MANFAAT DAUN MENIRAN & KANDUNGAN MENIRAN MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Cara Gampang Membersihkan AC Rumah Sendiri