Dasar Management



 Era Perdagangan bebas saat ini menuntut para pelaku untuk memenuhi persyaratan wajib untuk bisa ikut bersaing di dunia Global, yaitu memiliki dan menerapkan Standar ISO. Standar Internasional ISO 9001 berisi persyaratan-persyaratan sistem manajemen mutu yang mengarahkan organisasi untuk mengendalikan proses-prosesnya menuju pencapaian sasaran-sasarannya termasuk diantaranya kepuasan pelanggan, kesesuaian dengan peraturan dan perundang-undangan serta peningkatan berkesinambungan. Dalam penerapan sistem manajemen mutu ini, organisasi bisa menjalani proses sertifikasi dari Lembaga yang independen sebagai bukti atas kesesuaiannya memenuhi berbagai persyaratan sistem manajemen mutu ISO 9001 sehingga lebih meningkatkan kepercayaan mitra bisnisnya / stake holdernya.  Saat ini penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001 berlangsung di berbagai sektor bisnis komersil  manufaktur ataupun jasa serta organisasi non profit dan institusi pemerintahan.




Dasar atau landasan dari semua system manajemen adalah PDCA (Plan – Do – Check – Action), yaitu Rencana kan, Lakukan / Kerjakan, Cek / Periksa dan Tindakan / Tindaklanjuti. PDCA dapat dijelaskan secara ringkas sebagai berikut :



Rencanakan (Plan) Menetapkan Tujuan / sasaran dan Proses yang diperlukan untuk memberikan hasil yang sesuai dengan kebijakan Mutu.



Lakukan (Do) Menerapkan proses tersebut.



Cek / Periksa (Check) Memantau dan mengukur proses terhadap kebijakan mutu , tujuan, sasaran persyaratan peraturan perundang-undangan dan ketentuan lain yang diikuti organisasi serta melaporkan hasilnya.


Tindakan (Act) Melaksanakan tindakan untuk meningkatkan kinerja sistem manajemen mutu secara berkelanjutan

Popular posts from this blog

10 MANFAAT DAUN MENIRAN & KANDUNGAN MENIRAN MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Cara Gampang Membersihkan AC Rumah Sendiri