5 Unsur Penting Sales Letter

Melanjutkan obrolan tentang sales letter, kira-kira bagian apa lagi yang perlu anda tahu tentang sales letter?
Dalam artikel kemarin kita sudah bicarakan headline. Ya, headline itu boleh dibilang fungsinya sama dengan judul. Kenapa?
Pertama, jelas fungsinya sama-sama menarik minat pengunjung. Kedua, ya… karena dalam sales letter kita tidak punya kesempatan untuk membuat kalimat mubazir. Semua harus ditujukan untuk penjualan produk.
Ooppss! Saya hampir lupa. Dalam penulisan sales letter, perlu tercakup lima unsur penting. Anda mau tahu?
1. PerhatianUnsur ini biasanya berada di judul dan subjudul. Di situlah, peluang awal kita untuk menarik perhatian pengunjung.
Kemarin kita sudah bahas headline habis-habisan, maka sekarang kita cukup bicarakan subjudul (sub-heading) saja. Ada yang berpendapat subjudul ini tidak harus kita tulis dalam sales letter. Karena fungsi subjudul ini mendukung headline (judul).
Subjudul berfungsi memperdalam perhatian pembaca. Tapi, jika headline yang anda buat sudah jadi magnet yang kuat bagi pengunjung, adanya subjudul hukumnya tidak lagi mutlak.
2. MinatUntuk menarik minat pengunjung anda harus buat paragraf pembuka. Paragraf ini isinya bertujuan menyelesaikan masalah pengunjung. Apa maksudnya?
Ini berkaitan dengan produk yang anda jual. Misal anda jual obat sakit kepala. Maka dalam paragraph pembuka harus benar-benar anda jelaskan obat yang anda jual bisa menyelesaikan problem sakit kepala. Anda harus tunjukkan kalau obat anda ini yang paling tepat untuk masalah sakit kepala.
3. HasratSelanjutnya anda bisa giring minat pengunjung menjadi niat untuk membeli. Anda bisa buat daftar manfaat atau keunggulan produk anda di bagian ini. Cantumkan manfaat produk yang anda promosikan.
4. TindakanSaat pengunjung ingin bertindak membeli, anda harus memberi mereka kemudahan. Jangan sampai pengunjung bingung dimana tempat untuk memesan produk anda itu.
Anda harus buat langkah-langkah pemesanan secara jelas dan ringkas. Contohnya dengan membuat link perintah KLIK DI SINI UNTUK MEMESAN. Sayang sekali bukan jika pengunjung sudah berniat membeli tapi mereka malah ngeloyor meninggalkan situs anda hanya karena kesulitan memesannya.
5. PenutupDalam unsur penutup ini anda bisa memberi iming-iming garansi dan bonus. Karena, dengan adanya garansi dan bonus pengunjung akan semakin yakin membeli produk anda.
Ok… sekarang kira-kira apa kesulitan terbesar anda dalam membuat sales letter? Jangan lupa ya, semua yang anda tulis dalam sales letter anda harus mengandung lima unsur penting di atas. Ya… tujuannya agar penjualan anda meningkat.
Sebagai affiliate marketer anda mesti sanggup merayu pengunjung dengan sales letter. Karena kelangsungan karir affiliate anda ditentukan keberhasilan menjualkan produk. Bukankah begitu?
So, jinakkan pengunjung anda dengan sales letter!

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH MEKANISME PELAKSANAAN SUPPLIER AUDIT

Contoh KOMPETENSI DAN EVALUASI INTERNAL AUDITOR ISO

5 Unsur Penting Sales Letter