Manfaat dan Guna Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya ( Aleo vera linn) ternyata banyak sekali manfaat serta khasiatnya, diantaranya untuk kecantikan dan kesehatan tubuh manusia.

Inilah manfaat khasiat lidah buaya untuk kecantikan wajah / kulit dan kesehatan tubuh manusia dengan cara alami dan tradisional.

Khasiat
Anti inflamasi, Laksatif, Stomakik, Ekspektoran.

Tanaman ini berkhasit  sebagai: 
antiradang, obat pencahar, parasitiside, memperbaiki pankreas. Secara tidak langsung melancarkan peredaran darah dan mengatasi tekanan
drah tinggi. khasiat lainnya adalah menyembuhkan wasi, TBC, asma, batuk, penyembuhan luka bakar, sakit perut, eksim, dan obat urus-urus. Bagian tanaman yang digunakan: Daging dan daun.

Berikut beberapa cara meramu lidah buaya untuk dijadikan herbal atau obat tradisional:

  • Sakit kepala, pusing, sembelit (Constipation), Kejang pada anak, Kurang gizi (Malnutrition), Batuk rejang (pertussis), muntah darah, Kencing manis (DM), wasir, peluruh, dan haid: Ambil 200 gram daun segar lidah buaya dicuci bersih, dikupas lalu direbus dengan 3 gelas airselama 15 menit. Setelah dingin diminum 3 kali sehari, pagi-pagi, siang dan malam.
  • Penyubur rambut: Ambil daun lidah buaya segar secukupnya dibelah, diambil bagian dalam yang rupanya seperti agar-agar, digosokan ke kulit kepala sesudah mandi sore, kemudian dibungkus dengan kain, keesokan harinya rambut dicuci. Dipakai setiap hari selama 3 bulan untuk mencapai hasil yang memuaskan.
  • Luka bakar dan tersiram air panas: Daun dicuci bersih, ambil bagian dalamnya, tempelkan pada bagian tubuh yang terkena api/air panas.
  • Bisul: Daun dilumatkan ditambah sedikit garam, tempelkan pada bisulnya.
==================================
Keterangan:
Terapi ini jangan digunakan saat sedang hamil dan selama datang haid karena dapat meluruhkan haid. Selain itu, pada orang yang memiliki lemah kandungnan dan limpa sebaiknya menghindari mengosumsi lidah buaya. Jika ingin kombinasikan dengan tanaman lain, lidah buaya jangan direbus, tetapi dibuat pil atau bubuk.

Sumber

Comments

Popular posts from this blog

CONTOH MEKANISME PELAKSANAAN SUPPLIER AUDIT

Contoh KOMPETENSI DAN EVALUASI INTERNAL AUDITOR ISO

5 Unsur Penting Sales Letter