Manfaat dan Khasiat Lidah Buaya

Manfaatnya tak hanya dihitung jari. Dari menyehatkan rambut, gigi, melembapkan kulit, sampai mengobati luka, semua bisa. Semua berkat air liurnya lidah buaya yang sakti ini.

Kunci khasiat Aloe vera alias lidah buaya ini ada pada daging daunnya yang berbentuk gel bening. Selain banyak mengandung air, 'air liur' lidah buaya ini menyimpan beragam zat biologis aktif. Di antaranya anthraquinon yang memiliki efek laksatif (merangsang kerja usus), polysaccharida yang dikenal dengan acetylated mannose atau acemann (golongan karbohidrat yang bermanfaat untuk imunitas, penyembuhan luka dan antiviral, serta kanker pada hewan). 

Selain itu, juga ada zat prostaglandin yang berperan dalam penyembuhan luka. Kandungan yang lain adalah asam lemak (trigliserida, kolesterol, steroid, asam urik, lignin, dan asam salisilat), enzim-enzim, asam amino, vitamin (B1, B2, B6, C, dan E), mineral (kalsium, sodium, mangan, magnesium, seng, tembaga, dan kromium). 
Masih ada lagi kandungan senyawa antiinflamasi seperti glikoprotein dan salisilat, serta senyawa lain yang merangsang pertumbuhan kulit dan jaringan konektif. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat lidah buaya:
1
Menyembuhkan Luka

Penyembuhan luka ini dengan lidah buaya dimungkinkan karena kandungan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C, E, dan zinc. Zat-zat ini juga memiliki efek antifungal dan antibakterial sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka. 

Hanya dengan pengolesan, lidah buaya membantu mempercepat penyembuhan luka bakar dan luka superfisial, terbakar sinar matahari, radang dingin, luka akibat radiasi, beberapa jenis dermatitis (radang kulit), psoriasis, luka teriris, gigitan serangga, alergi tumbuhan, bisul, lecet, dan masalah dermatologis lainnya. Tapi sebaiknya tidak digunakan pada luka dalam atau luka operasi. 

Jika dioleskan ke kulit yang luka atau terbakar, Aloe vera menggantikan cairan tanpa menghentikan proses oksigenasi, mempercepat penyembuhan, dan meminimalkan bekas luka. 
2
Perawatan kulit wajah

Aloe vera yang kaya vitamin dan mineral menjadikannya sebagai bahan favorit dalam industri kosmetik, terutama sebagai emolien, penyegar, dan pelembap kulit. 

Jika digunakan secara teratur, Aloe vera dapat mempercepat luruhnya sel-sel kulit mati dan memperbarui pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Bahkan, ia juga mujarab untuk kulit berjerawat; tidak hanya menyembuhkan tetapi juga meregenerasi kulit. Dengan kemampuan penetrasinya, Aloe vera menggantikan cairan yang hilang serta memperbaiki jaringan kulit dari luar dan dalam.
3
Menjaga kehalusan tangan

Jika kulit tangan Anda cenderung kering, kaku, dan kasar dan disertai kuku yang rapuh, gunakan Aloe vera atau produk kosmetik yang mengandung Aloe vera. 
Tumbuhan ini bermanfaat mengembalikan kelembapan dan elastisitas kulit serta menguatkan kuku. Komposisi aktif, keseimbangan pH, serta kandungan asam amino dalam Aloe vera mengembalikan elastisitas kulit, meremajakan kembali epidermis, dan memperkuat kuku.  
4
Perawatan Rambut

Khasiatnya pada rambut sudah dikenal sejak berabad-abad. Aloe vera dikenal mampu mengatasi rambut kusam, rapuh, rontok, dan ketombe. Bahkan, orang tua jaman dahulu juga menggunakan aloe vera untuk menyuburkan rambut.

Caranya dengan memijat kulit kepala secara teratur dengan menggunakan gel Aloe vera atau keramas dengan sampo lidah buaya. Baik sebagai sampo, hair lotion, maupun pemakaian langsung pada rambut (seperti pada creambath) Aloe vera bekerja seperti conditioner. 

Pada kulit kepala, Aloe vera menjadi pelembap seperti pada kulit daerah lain. Aloe vera dapat memperkuat akar rambut, melubrikasi rambut, memperbarui sel-sel epitelial, melembapkan dan menyehatkan kulit kepala. Semua ini berkat kandungan protein pada Aloe vera.
5
Perawatan mulut dan gigi

Untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, gunakan mouth wash dan pasta gigi berbahan dasar Aloe vera.

Popular posts from this blog

10 MANFAAT DAUN MENIRAN & KANDUNGAN MENIRAN MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Cara Gampang Membersihkan AC Rumah Sendiri