Berjualan secara Diam-Diam: Teknik Baru untuk Mendongkrak Hasil Bisnis Internet Anda

Salah satu cara paling spektakuler dalam melariskan produk adalah dengan menyembunyikan penjualan anda. Apa maksudnya? Ya, jangan katakan pada pembeli bahwa anda sedang menjual sesuatu. Tapi, biarkan konsumen melakukan pembelian secara suka rela.

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan. Dalam dunia offline contohnya anda menggelar acara amal. Di sana anda katakan bahwa apa yang anda peroleh akan disumbangkan pada korban bencana. Tapi, jangan biarkan donatur anda menyumbangkan uang mereka secara cuma-cuma. Berikan produk-produk yang anda punya sebagai imbalan. Dengan cara ini, keuntungan yang anda peroleh memang bukan uang semata. Tapi juga popularitas produk!

Orang akan merasa mereka anda beri produk secara gratis. Padahal tidak, mereka anda berikan produk hanya jika mereka memberikan sumbangan. Popularitas yang anda peroleh sangat besar nilainya melebihi jumlah nominal uang yang dibayarkan. Semakin dikenal produk anda semakin banyak orang yang penasaran untuk membeli. Saya yakin, cara ini lebih efektif dibanding memasang iklan setiap hari.

Atau, cara lain yang bisa anda tempuh dengan menggelar kompetisi. Misal kontes kecantikan atau modeling. Undang para gadis datang ke tempat kontes. Biasanya untuk acara seperti ini bisa menyedot perhatian publik. Gadis-gadis cantik pasti datang berbondong-bondong ke lokasi kontes. Nah, di sini anda bisa menjual berbagai kebutuhan orang saat sedang bosan menunggu. Misal, air mineral, makanan ringan, tissue, atau bahkan kipas.

Sebelumnya, jangan katakan kalau anda adalah penggagas acara tersebut. Kalau perlu gandeng pihak lain yang lebih berkompeten dalam acara seperti ini. Anda tinggal memanfaatkan momen-momen saat orang-orang membutuhkan sesuatu agar anda bisa menjual yang mereka butuhkan. Ini sekadar contoh bagaimana menciptakan peristiwa yang bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan uang.

Atau begini saja, anda menciptakan sebuah trend yang bisa mendongkrak penjualan produk anda. Saat ini bisnis internet semakin marak. Seiring dengan banyak pendatang baru (newbie) untuk menyosialisasikan bisnis internet lebih luas, anda bisa menggagas acara seminar bisnis. Sekali lagi ini cuma contoh. Anda harus berdiri sebagai dalang yang ada di balik layar. Jangan umumkan bahwa acara ini adalah ide anda. Undang para pakar di bidang bisnis dan internet. Dan anda bisa memajang berbagai produk anda yang berkaitan dengan bisnis internet.

Mau tidak mau mereka pasti beli karena mereka ingin segera mempraktekkan ilmu yang mereka dapat dari seminar. Selain itu, peserta seminar akan menyebarluaskan berita bahwa “bisnis internet adalah bisnis masa depan. Mari berbondong-bondong berbisnis internet!”

Secara online anda bisa menerapkan hal ini dengan membuat blog yang mendukung situs web penjualan anda. Anda bisa menuliskan artikel-artikel yang bisa lebih membantu konsumen mengenal produk yang anda jual. Membantu konsumen untuk memecahkan problem yang dihadapi dengan produk anda sebagai jalan keluarnya.

Berjualan secara diam-diam lebih efektif memikat pembeli daripada yang terang-terangan. Tidak bosan saya ingatkan, orang cenderung malas jika langsung ditodong untuk membeli sesuatu. Kurang lebih perasaan yang dialami seperti saat anda didatangi salesman. Nah, untuk mensiasati kondisi psikologi pembeli, anda perlu cara-cara cerdas. Ciptakan peluang, datangkan pelanggan, dan silakan berjualan dengan diam-diam. Mudah bukan?

Cara-cara yang saya terangkan di atas sebenarnya bukan fokus pada penjualan anda. Tapi fokus pada konsumen anda. Dan yang paling saya suka dalam cara-cara seperti ini, kita tidak egois mementingkan kepentingan diri sendiri. Kita tidak hanya fokus menghasilkan keuntungan pribadi, tapi yang utama adalah membantu orang lain. Anda tidak sibuk memperhitungkan apa yang anda peroleh, tapi apa yang dapat anda berikan. Ya, berikan apa yang diinginkan orang lain! Di situlah letak seni pemasan dalam bisnis. Memberikan apa yang mereka mau!

Dalam berjualan secara diam-diam ini anda mendahulukan kepentingan orang lain. Maksud anda untuk berjualan anda taruh di bagian akhir. Dan fokus pada membantu orang lain sebagai tujuan utama. Apa yang anda hasilkan hanyalah cipratan dari tujuan utama anda untuk membantu orang lain.

Begitu intinya! Jangan pikirkan berapa uang yang akan anda dapat, tapi berikan yang terbaik untuk para konsumen anda. Itu dulu yang perlu dicamkan dalam diri kita.

Saya sungguh yakin, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, tidak ada yang percuma di dunia ini, tidak ada pula yang sia-sia. Apalagi untuk aktivitas membantu orang lain sudah seharusnya kita lakukan sebagai sesama manusia. And you will not only get a friend, but also money….

Salam ACTION!

Popular posts from this blog

10 MANFAAT DAUN MENIRAN & KANDUNGAN MENIRAN MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Cara Gampang Membersihkan AC Rumah Sendiri