Memilih Web Host Berkualitas

Anda tahu apa lagi yang sangat penting menentukan kemajuan untuk situs web affiliate anda?

Benar. Jawabnya, web host.

Web host yang anda pilih untuk situs anda, menjadi salah satu penentu kualitas situs web anda. Karena semua layanan web host yang anda gunakan akan mempengaruhi kinerja situs web anda.

Dari sekian banyak web host, pasti mereka memiliki kelemahan dan kelebihan. Nah, agar anda bisa mencari yang paling cocok untuk anda, setidaknya anda harus mengerti betul “web host yang bagus dan berkualitas itu seperti apa”?

Di bawah ini saya punya sedikit gambaran tentang web host yang bagus dan berkualitas. Paling tidak web host yang berkualitas memiliki ciri-ciri berikut:

  • Memberi jaminan dan profesional

Sebaiknya, pilih web host yang memberi jaminan situs web kita akan selalu dapat diakses, bahkan dalam kondisi apapun (seperti terjadi bencana alam). Karena sebentar saja situs web kita tidak online, itu artinya uang kita terbuang. Tak masalah untuk menggunakan web host yang sedikit lebih mahal, asal ada jaminan tetap online.

Selain itu, pilihlah web host yang profesional. Professional tidaknya sebuah web host dapat dilihat dari ada tidaknya data centre. Di data centre ini, web host akan mengontrol koneksi internet situs web kita, memiliki power backup, ruang pengontrol cuaca, dan staf yang akan selalu memantau situs web kita kapanpun.

Jadi, walau ada gempa bumi, banjir atau bencana apapun, situs web anda akan tetap online dan mudah diakses.

  • Ada Layanan Customer Service

Web host berkualitas biasanya menyediakan layanan telepon 24 jam bagi pelanggan. Jadi kapanpun situs web anda bermasalah, anda bisa menelepon web host anda.

  • Menyediakan Control Panel

Web host menyediakan control panel untuk situs web kita. Dengan control panel, anda bisa login ke dalam account anda kapanpun.

Control panel paling tidak memiliki fasilitas:

  1. Upload, edit, atau menghapus file
  2. Membuat, mengedit, atau menghapus folder
  3. Mengatur email account
  4. Membuat, mengedit, dan menghapus subdomain.
  5. Melihat tampilan statistic situs web anda.
  • Ada akses ke traffic log

Anda bisa mengakses traffic log yang mencatat setiap pengunjung yang mendatangi situs web anda. Traffic log biasanya mencatat search engine yang dipakai pengunjung, keyword yang digunakan, halaman apa yang mereka kunjungi, berapa lama mereka melihat situs web anda, dan info lainnya. Satu lagi, anda bisa mengakses traffic log kapanpun anda mau.

  • Menyediakan kapasitas yang memadai

Web host menyediakan kapasitas penyimpanan yang sangat memadai untuk kebutuhan situs web anda. Sehingga anda bisa leluasa mengisi situs web anda dengan jenis file apapun (gambar, teks, video, dll). Dan anda juga bisa meminta tambahan kapasitas penyimpanan kapan pun anda menginginkan.

Seperti di atas sebagian ciri-ciri web host yang berkualitas. Kalau anda masih bingung, bisa anda mulai coba untuk mencari lebih jauh dengan search engine. Tapi patokan di atas bisa anda pakai untuk menilai bagus tidak sebuah web host.

Semoga berguna untuk anda. Ada yang mau berbagi pengalaman?

by Joko Susilo

Popular posts from this blog

10 MANFAAT DAUN MENIRAN & KANDUNGAN MENIRAN MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Cara Gampang Membersihkan AC Rumah Sendiri