Tips Hindari Penyakit Wajah 'Petot' Bagi Pengendara Motor

Fatichatun Nadhiroh - detikcom


Surabaya - Wajah Anda terasa lumpuh. Hati-hati, bisa jadi penyakit Bell's Palsy alias wajah 'petot' sedang menyerang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit ini. Apa saja?

Jika mulai merasakan gejala pusing, telinga bagian dalam sakit dan ujung rahang linu, serta wajah mulai lumpuh, Ahli Saraf dan Wakil Kepala Bagian Saraf RSU Dr Soetomo, dr Margono SpS (K) kepada detikcom, Sabtu (31/3/2007), menyarankan agar masyarakat, terutama pengendara motor, segera memeriksakan diri ke dokter.

"Semakin cepat tindakan pengobatan diberikan semakin sedikit risiko kerusakkan yang ditimbulkan dan bisa dihindari kerusakkan menetap," ujar Margono.

Pencegahan lain yang juga dapat dilakukan adalah menghindari paparan hawa dingin terus menerus pada satu sisi bagian wajah.

Ini patut diwaspadai, apalagi orang yang terbiasa diterpa angin dari satu sisi jendela mobil, atau mereka yang biasa menggunakan kipas angin dari satu sisi saja.

Untuk itu dr Margono memberikan tips wajah bebas petot, yakni hindari begadang, pakailah helm tertutup bagi pengendara motor di malam hari, gunakan penutup muka saat berkendara, pakai syal atau pelindung leher, gunakan pelindung dada, dan hindari terpaan angin AC dan kipas angin secara langsung.

http://www.detiknews.com/indexfr.php?url=http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/03/tgl/31/time/174836/idnews/761319/idkanal/10

Popular posts from this blog

10 MANFAAT DAUN MENIRAN & KANDUNGAN MENIRAN MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Cara Gampang Membersihkan AC Rumah Sendiri