Obat Hati

Dalam kesempatan yang berbahagia ini ijinkanlah saya menyampaikan rangkuman acara Mario Teguh Golden Ways (MTGW ) di Metro TV Edisi Minggu 11 Januari 2009 dengan topik - TOMBO ATI - sebagai berikut:
TOMBO ATI
Obatnya Hati

I. Mengerti maksud Tuhan.

II. Sembahlah Tuhan.

III. Hiduplah dengan Sesama dalam Kebaikan

IV. Ahlikan diri dalam Ketabahan

V. Getarkanlah dada dengan nama Tuhan

Summary:
  1. Hidup itu hanya indah seindah kualitas HATI.
Tuhan memuliakan kita karena yang kita UPAYAKAN, bukan dari yang kita miliki.
Hati yang indah itu, adalah penampilan terbaik.
Komunikasi kita dengan TUHAN, lebih penting dari pekerjaan kita. Tetapi komunikasi kita dengan Tuhan baru akan menjadi pengubah nasib, bila kita melakukannya dalam pekerjaan kita.
  1. Tahun 2009 ini kita harus menjadi pribadi baru dan kita berbicara mengenai HATI.
Sebetulnya hati kita memiliki kemampuan untuk mengobati sendiri bila kita mengihklaskannya.
Kita mempunyai cara-cara pikir, cara-cara bersikap yang membatalkan diri dalam mengobati dirinya sendiri. Hati tahu apa yang diinginkannya tetapi sering dibatalkan dengan apa yang kita pikirkan
  1. Kita semua membutuhkan transisi mental. Transisi mental itu diperlukan supaya kita memiliki prilaku yang baru; yang lebih mampu dan bersungguh-sunguh.
  1. Jadilah pribadi yang memulai dengan baik, setia pada proses dengan baik. Lalu setelah berhasil anda katakan ini terjadi karena diijinkan Tuhan, karena saya diberikan sahabat baik yang membantu saya.
  1. Tidak ada orang yang bisa melepaskan dirinya dari KEBAIKAN. Lihatlah orang jahat sebagai orang baik yang belum mengerti. Karena kalau mereka mengerti, mereka akan menjadi orang baik. Jadi kalau begitu mengertilah kegelisahan hati, dan bantulah dia untuk mencapai tempat yang diinginkannya yaitu KEDAMAIAN.
  1. Hati menentukan digunakan-nya kekuatan. Hati yang perkasa memungkinkan pribadi lemah menjadi jendral yang dihormati lawan.
  1. Tidak ada orang yang di lahirkan berani. Sejatinya kehidupan kita adalah proses memberanikan diri.
  1. Cara mengetahui rencana Tuhan adalah melihat BAIKNYA. Karena tidak ada yang diinginkan Tuhan kecuali memuliakan kita. Sehingga apapun yang terjadi adalah proses PEMULIAAN. Oleh sebab itu orang yang IKHLAS adalah orang yang mengerti maksud rencana Tuhan dalam kehidupannya.
  2. Kalau orang berhenti berharap. dia telah membatalkan sifat Tuhan yang Maha Pema’af, yang Maha Memungkinkan, yang Maha Memberi. Berpihaklah pada yang BAIK, karena itu logika yang diinginkan Tuhan untuk kita mengerti.
10. Tuhan menginginkan Anda menjadi pribadi yang MULIA, yang berbicara sesuatu yang Anda ketahui. Oleh sebab itu orang yang mengambil tugas sebagai Penasehat / Konselor seyogya-nya nasehat yang di sampaikan-nya adalah sesuatu yang sudah dialalami-nya. Kalau Anda menasehatkan yang belum Anda alami, maka bersiaplah untuk diuji dengan mengalaminya sendiri. Contohnya : menasehatkan Kesabaran, maka akan segera diuji kesabarannya oleh orang lain. Kalau menasehatkan Berderma, maka akan segera diuji ketulusan hati untuk berbagi. Coba nasehatkan Menghormati orang lain, nanti Anda segera dikecewakan oleh orang terdekat yang tidak menghormati anda
11. Wong sing becik kumpulono : Bergaulah dengan orang baik sehingga mereka mencerminkan yang membaikkan kita.
12. Orang lain apapun reaksinya adalah perintah kepada kita, untuk memperbaiki diri. Berterima kasihlah kepada musuh kita, karena dia menggunakan keseluruhan hidupnya untuk mencari kesalahan kita. Itu sebabnya jaga sahabat-sahabat kita dekat, Tetapi jaga lawan-lawan kita lebih dekat lagi. Karena mereka memberikan masukan paling jujur, tentang apapun yang perlu kita perbaiki.
13. Ada dua tujuan dari Budipekerti yaitu :
Pertama untuk tujuan Kemanusiaan : agar kita menjadi pribadi yang berguna bagi orang lain.
Kedua untuk tujuan Ketuhanan : agar kita menjadi kekasih Tuhan. Kalau kita menjadi kekasih Tuhan maka tidak ada yang tidak dimungkinkan-Nya bagi kita.
Dan karena tujuan dari Budipekerti kita adalah untuk kebaikan sesama maka yang dimungkinkan Tuhan adalah untuk keuntungan orang lain. Jadi Budipekerti adalah Tindakan Baik yang didasari oleh Pengertian Baik.
14. Dalam pribadi yang hatinya terobati ; semua upayanya dijiwai oleh :
    • Dengan nama Tuhan. . . .,
    • Karena Tuhan. . . ,
    • Untuk Tuhan. . . ,
Karena Hidup dan Mati kita untuk Tuhan… maka kita mendapat banyak hal yang dimiliki Tuhan.
15. Orang sebesar apapun badannya, atau sekecil apapun badannya, KEBESARAN-nya ditentukan oleh segumpal daging yang namanya HATI. Jadi kalau begitu besarkanlah anak-anak dengan membesarkan HATI-nya .Besarkanlah diri. dengan membesarkan HATI.
HATI tidak ada yang kuat. Oleh sebab itu jangan dilemah-lemahkan dengan rasa takut tentang sesuatu yang belum tentu terjadi. Hati itu di besarkan dengan yang Baik dan Positive.
Yang mengecilkan hati ditekan kemunculannya dengan do’a, kerja keras dan bergaul dengan orang baik.
Isilah hati kita dengan KEBAIKAN. Jadi kalau isi dari hati kita itu KEBAIKAN ( Sabar, Tabah , Jujur …) maka pribadi yang membesarkan hatinya dengan KEBAIKAN pantas memimpin siapapun dan apapun.
16. Pastikan orang yang bertemu anda pulang meninggalkan anda dengan perasaan lebih baik dari pada saat dia datang menemui anda.
17. Tuhan memerintahkan kita berguna bagi orang lain,
Tuhan senang sekali kalau kita Baik bagi orang lain.
Lakukanlah hal yang paling disukai Tuhan, yaitu MEMBERI UNTUK ORANG LAIN. Orang yang mau memberi walaupun tidak punya, akan diberi Tuhan untuk diberikan kepada orang lain. Dan camkanlah : HADIAH PERTAMA BAGI ORANG YANG MELAKUKAN KEBAIKAN ADALAH KEBAIKAN.
18. Penampilan diri yang terindah adalah penampilan yang mewakili hati yang indah.
19. Tuhan berbicara kepada Anda lebih banyak melalui hati. Maka percayalah pada HATI Anda.
20. Manusia terindah itu yang paling berguna bagi sesamanya. Untuk menjadi pribadi seperti itu ada dua syaratnya :
Gunakanlah KEIHKLASAN sebagai KEKUATAN dari pekerjaan anda.dan KEBERSERAHAN sebagai KEKUATAN dari penantian hasil anda,
lalu perhatikan apa yang terjadi .
Demikianlah rangkuman MTGW - TOMBO ATI”. Jika sekiranya didapati kekurangan sudilah kiranya para sahabat meluangkan waktu menambahkan untuk menyempurnakannya.
Kiranya Kebaikan dari Sang Maha Pengasih mengisi ruang-ruang hati kita semua

Popular posts from this blog

10 MANFAAT DAUN MENIRAN & KANDUNGAN MENIRAN MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

Cara Gampang Membersihkan AC Rumah Sendiri