10 MANFAAT DAUN MENIRAN & KANDUNGAN MENIRAN MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH


Sudah banyak masyarakat yang mengenal daun meniran yang banyak memiliki kemampuan sebagai obat berbagai penyakit. Manfaat dan khasiat Meniran yang bernama latin "Phyllanthus urinaria linn" bagi kesehatan adalah untuk mengobati :

1. Manfaat dan khasiat Meniran sebagai obat Batu saluran kencing
Cara pengolahan :
Cuci bersih sebanyak 30 gram daun meniran segar, 30 gram daun sendok, dan 30 gram daun tempuyung.
Rebuslah semua bahan menggunakan 4 gelas air dan biarkan hanya tersisa sebanyak 2 gelas.
Biarkan mendingin kemudian saring air rebusan tadi
Air ramuan diminum 2 kali sehari pada pagi hari dan sore hari.

2. Manfaat dan khasiat Meniran sebagai obat Hepatitis
Cara pengolahan :
Rebuslah sebanyak 30-60 gram daun meniran segar menggunakan 3 gelas air dan biarkan hingga tersisa 1 gelas. Biarkan mendingin kemudian saring air rebusan.
Ramuan diminum sekaligus 1 kali sehari selama satu minggu.

3, Manfaat dan khasiat Meniran sebagai obat Digigit anjing gila
Cara pengolahan:
Siapkan 4-6 tumbuhan herba meniran ( bagi anak kecil cukup gunakan setengahnya)
Rebus meniran menggunakan 3 gelas air dan biarkan hingga 1 gelas.
Biarkan mendingin kemudian saring air rebusannya,
Air rebusan diminum sekaligus 1 kali sehari.

4. Manfaat dan khasiat Meniran sebagai obat Nephritic edema dan radang ginjal
Cara pengolahan:
Rebuslah 1/2 genggaman daun meniran menggunakan 3 gelas air dan biarkan hingga tersisa 2 1/4 gelas.
Kemudaian saring air rebusan tadi,
Air rebusan diminum 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas dengan ditambahkan madu.

5. Manfaat dan khasiat Meniran sebagai obat untuk Rematik
Cara pengolahan:
Cuci bersih 1 sendok makan daun meniran segar dan 7 lembar daun kumis kucing.
Rebus semua bahan menggunakan 1 gelas air dan biarkan hingga tersisa 1/2 gelas.     Biarkan mendingin dan saring air rebusan.
Air ini diminum sekaligus 1 kali sehari.

6. Manfaat dan khasiat Meniran sebagai obat Bisul di kelopak mata
Cara pengolahan:
Rebuslah herba meniran segar secukupnya menggunakan 1 gelas air.
Biarkan mendingin dan saring air rebusan
Gunakan air ini untuk mencuci mata dengan memakai gelas khusus.
Sebaiknya dilakukan 3 kali sehari.

7. Manfaat dan khasiat Meniran sebagai obat Rabun senja
Cara pengolahan:
Cuci bersih 15-30 gram herba meniran segar dan tambahkan hati ayam secukupnya.
Semua bahan dibikin Tim kedua kemudian dimakan.

8. Manfaat dan khasiat Meniran sebagai obat Disentri
Cara pengolahan:
Rebuslah sebanyak 30-60 gram herba meniran segar menggunakan 3 gelas air dan biarkan hinggai tersisa 1 gelas.
Biarkan mendingin dan saring air rebusan.
Kemudian diminum sekaligus 1 kali sehari.

9. Manfaat dan khasiat Meniran sebagai obat luar
Cara pengolahan:
Giling herba meniran segar dan nasi dingin dengan jumlah yang sama sampai halus,
Kemudian tempelkan hasil gilingan itu pada luka terkena gigitan, kemudian balut menggunakan kain perban.
Cara ini dilakukan 3 kali sehari.

10. Manfaat dan khasiat Meniran sebagai obat Peluruh seni, kencing batu, kencing nanah, nyeri ginjal, demam dan mencret

Cara pengolahan:
Cuci bersih sebanyak 10 gram herba meniran segar
Rebuslah menggunakan 2 gelas air selama kira kira 25 menit.
Biarkan mendingin kemudian saring air rebusannya,
Kemudian airnya diminum pada pagi hari dan sore hari.


Demikianlah manfaat dan khasiat daun meniran bagi kesehatan semoga dapat bermanfaat.


KANDUNGAN MENIRAN MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH

POSTED ON  FEBRUARY 28, 2014 BY ADMINBORO
meniran

Penggunaan obat tradisional telah digunakan sejak dahulu, tak hanya didalam Indonesia, melainkan di Negara – negara lainnya,  secara umum obat herbal yang digunakan menggandung efek samping  relative lebih kecil, bahkan tidak ada efek samping sama sekali bila penggunaan obat herbal sesuai dengan kebutuhan.

Rempah – rempah yang mempunyai sejumlah kandungan bahan aktif yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit sejak dahulu dan sampai sekarang masih  di gunakan dengan baik bahkan  banyak perusahaan yang sudah menggunakannya sebagai obat herbal yang di produksi lebih modern, agar pengkonsumsiannya lebik efesien dan mudah.

Dari sejumlah rempah yang bisa menyembuhkan penyakit salah satu diantaranya adalah MENIRAN,  herbal ini mempunyai banyak kandungan yang sudah digunakan sejak dahulu sebagai  pengobatan herbal  secara tradisional,

Pada artikel sebelumnya kami banyak membahas tentang penggunaan, dan manfaat dari rempah herbal yang dapat  digunakan dan dimanfaatkan untuk mengobati  beberapa penyakit, kami mengharapkan minat masyarakat untuk memanfaatkan tanaman rempah disekitar  kita sebagai obat, karena penggunaan lebih mudah dan murah, tak hanya itu kualitas dari khasiatnya pun juga sudah  terbukti dan sudah  diuji dengan baik.

Rempah meniran Salah satu tanaman yang dipercaya berkhasiat dan digunakan dalam pengobatan Herbal. Meniran mengandung filantin, hipofilantin, kalium, damar dan tanin. Filantin dan hipofilantin dipercaya berkhasiat melindungi sel hati dari zat toksik (hepatoprotektor) meniran (Phyllanthus niruri )  memiliki khasiat sebagai obat antivirus. Senyawa yang ditemukan pada Meniran antara lain triterpenoid, avonoid, tanin, alkaloid, dan asam fenolat. Secara empiris, rebusan daun Meniran sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit hati, diuretik,penyakit kelamin, obat batuk, antidiare, sariawan,panas dalam dan tonik lambung.

Meniran merupakan nama lokal dari bebarapa spesies dari anggota genus Phyllanthus. Berdasarkan klasifikasi Hadad, Meniran dibedakan menjadi tiga macam yaitu Meniran Merah, Meniran Kuning dan meniran Hijau (Hidayat dkk. 2008).

1.  Antibakteri. 
Ekstrak metanol daun Meniran mempunyai efek antibakteri paling tinggi terhadap bakteri Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, Escherichia colli, dan Pseudomonas aeruginosa. Efek ini disebabkan senyawa antibakteri pada Meniran seperti phyllanthin, hypophyllanthin, niranthin, dan nietetralin

2. Immunomodulator.
Penelitian terbaru menyingkapkan bahwa Meniran memiliki aktivitas immunomodulator. Immunomodulator berperan membuat sistem tubuh lebih aktif menjalankan tugasnya, termasuk menguatkan sistem imun/sistem kekebalan tubuh. Jika sistem imun meningkat, maka daya tahan tubuh terhadap serangan berbagai bakteri dan virus juga meningkat.

3. Hepatoprotektor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Meniran juga berfungsi sebagai hepatoprotektor. Sekelompok tikus diinjeksi karbon tetraklorida (zat penginduksi hepatotoksik). Ternyata, yang diberi air rebusan Meniran mengalami perbaikan organ liver. Meniran mengandung senyawa antihepatotoksik seperti filantin, hipofilantin, triakontanal, dan trikontanol.he

4. Penyakit kulit.
Konsumsi Meniran juga berguna sebagai terapi tambahan penyakit kulit seperti lepra dan herpes zoster. Ekstrak Meniran bekerja dengan cara meningkatkan system imunitas seluler. Dengan kata lain, Meniran mendorong limfosit T makin aktif bekerja. Herpes zoster berkembang biak dengan leluasa saat sistem imunitas tubuh melema

5. Hepatitis kronis.
Hasil uji klinis di RS Soetomo membuktikan bahwa Meniran berkhasiat mengatasi hepatitis B. Pasien hepatitis kronis diberi sebuah kapsul Meniran 3 kali sehari selama sebulan. Ekstrak Meniran dapat memodulasi sistem imun melalui proliferasi dan aktivasi limfosit T dan B. Sekresi TNF-α dan IFN-α pun meningkat.

6. Antikanker.
Kemampuan Meniran sebagai immunostimulator membantu merangsang aktivitas sel natural killer (NK) dan sel killer (K). Jika toksisitas kedua sel tersebut meningkat, sel-sel yang mengalami mutasi dan abnormal (sel kanker) akan dihancurkan oleh keduanya.

7. Pelarut asam urat dan batu ginjal.
Kandungan flavonoid dan glikosida flavonoid adalah senyawa yang paling sering digunakan dalam pengobatan asam urat dan batu ginjal. Karena itu, Meniran yang kaya akan senyawa flavonid, dapat digunakan untuk mengobati asam urat dan batu ginjal. mengalami mutasi dan abnormal (sel kanker) akan dihancurkan oleh keduanya.

8.  Antidiabetes.
Phyllanthin dan hypophyllanthin merupakan komponen utama yang diduga berperan aktif dalam penurunan kadar gula darah. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil penelitian terhadap tikus yang sudah diinduksi aloksan (zat kimia yang diberikan untuk memicu kondisi diabetes pada hewan percobaan). Ternyata, tikus yang diberi ekstrak Meniran menurun kadar gula darahnya. Meniran terbukti berperan sebagai antidiabetes.


HASIL PENELITIAN :

Uji klinis di beberapa rumah sakit besar di Indonesia, diantaranya RSPAD Gatot Subroto dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), bahwa Meniran mampu bekerja sebagai peningkat daya tahan tubuh.
Uji klinis di Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta, pada pasien infeksi saluran nafas akut oleh berbagai etiologi pada anak yang saat ini sedang dilakukan menunjukkan hasil yang baik terutama dalam mempercepat turunnya suhu badan.
Penelitian di Bagian Kulit RSU Tangerang , pemberian ekstrak Meniran sebagai tambahan pada terapi cacar air menunjukkan penyembuhan yang lebih cepat.
 Pemanfaatan  rempah meniran begitu luas, terutama untuk peyakit yang kronis dan infeksi viral. Di beberapa Negara, herba ini digunakan untuk terapi tambahan obat –obatan Human Immunideficiency Virus ( HIV)  

Bloomberg penemu virus hepatitis B, telah menulis di sebuah jurnal yang menyatakan bahwa meniran dapat dipakai untuk pengobatan penyakit Hepatitis B.

Cara pengolahaan  herbal meniran secara tradisional juga sudah  digunakan berbagai cara dari masyarakat sendiri,  untuk obat luka luar ,masyarakat biasa mengunyah daun meniran secara langsung kemudian  kunyahan tersebut di berikan pada luka yang habis terkena, setelah beberapa menit darah akan terhenti luka pun mengering seakan luka luar sedang melakukan proses penyembuhan. Daun meniran sangat mudah dijumpai di berbagai tempat, khususnya daerah  pekarangan rumah yang tidak  ditempati atau sering sekali kita jumpai di desa – desa yang masih alami belum terjangkau atau terjamah oleh masyarakat.

 Kami memberikan tips cara mengolah secara tradisiiional.

Ambillah daun sekitar 20  gram meniran direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit, hasil rebusan diminum 2 kali ½ gelas pagi dan sore hari.
REFERENSI :

Anonym, 2000, Acuan Sediaan Herbal, Edisi Pertama, Departemen Kesehatan Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan,  Jakarta, page. 72-73.
Deni Bown, 2001, The herb Society of America, New Encyclopedia of Herbs & Their Uses, Dorling Kindersley, London
Lily M Perry, Medicinal Plants of East And Southeast Asia, The MIT Press, England.
Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan. Pedoman Pelaksanaan Uji Klinik Obat Tradisional. 1st ed. Jakarta: Departemen Kesehatan; 2000.1-12
http://rain-tree.com/chanca.htm
The Health Library of University of California, San Diego,
Topik Hidayat, Kusumawaty D, Kusdianti K, Yati DD, Muchtar AA, Mariana D. 2008. Analisis Filogenetik Molekuler pada Phyllanthus niruri L. (Euphorbiaceae) Menggunakan Urutan Basa DNA Daerah Internal  Transcribed Spacer (ITS). Jurnal Matematika & Sains 13 (1): 16-21.

Trubus Info kit Vol.08 dan dari berbagai sumber.

Source jamuborobudur.com

Popular posts from this blog

Cara Gampang Membersihkan AC Rumah Sendiri