Bagaimana Cara Mengaudit Supplier, Vendor, Pemasok?

Supplier , Vendor atau sering disebut sebagai pemasok yang berkualitas adalah bagian penting dari sebuah organisasi karena mereka memberikan yang baik dan layanan yang kita gunakan untuk melayani pelanggan customer atau pelanggan kita. Praktek-praktek bisnis pemasok memiliki dampak langsung pada organisasi kita. Jika kita memiliki supplier yang tidak mampu memberikan produk kita tepat waktu, yang secara langsung mempengaruhi proses internal organisasi. Audit pemasok adalah bagian penting dari sistem manajemen mutu. Organisasi dapat memutuskan untuk mengaudit pemasok baru karena  mempertimbangkan untuk menggunakan mereka dalam kebutuhan organisasi, atau memutuskan untuk mengaudit pemasok saat ini karena sebuah masalah yang terjadi.

Langkah-langkah yang bisa kita lakukan antara lain :

Hubungi pemasok untuk menjadwalkan waktu pelaksanaan audit. Tunggu respon supplier, apakah akan menerima Anda melakukan audit. Waktu sebaiknya disetujui kedua belah pihak meskipun kita sebagai customernya untuk tetap menjaga hubungan yang harmonis antara supplier dengan Customer.
 
Buat audit plan dan Checklist kemudian kirim ke supplier..

Tepat waktu sesuai dengan Audit Plan yang sudah dikirim.

Jangan lupa Plant Tour jika pertama kali berkunjung atau untuk auditor yang baru pertama kali terlibat audit supplier.

Jika sudah kesekian kali, siapkan hasil audit sebelumnya dan lakukan verifikasi.

Demikian informasi semoga membantu.

Next Time kita sambung lagi. :)

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

5 Unsur Penting Sales Letter

CONTOH MEKANISME PELAKSANAAN SUPPLIER AUDIT

Inilah 10 Sumber Penghasilan Blog yang Bisa Mengalir Deras Masuk Kantong Anda