Dasar Management
Era Perdagangan bebas saat ini menuntut para pelaku
untuk memenuhi persyaratan wajib untuk bisa ikut bersaing di dunia Global,
yaitu memiliki dan menerapkan Standar ISO. Standar Internasional ISO 9001
berisi persyaratan-persyaratan sistem manajemen mutu yang mengarahkan
organisasi untuk mengendalikan proses-prosesnya menuju pencapaian
sasaran-sasarannya termasuk diantaranya kepuasan pelanggan, kesesuaian dengan
peraturan dan perundang-undangan serta peningkatan berkesinambungan. Dalam
penerapan sistem manajemen mutu ini, organisasi bisa menjalani proses
sertifikasi dari Lembaga yang independen sebagai bukti atas kesesuaiannya
memenuhi berbagai persyaratan sistem manajemen mutu ISO 9001 sehingga lebih
meningkatkan kepercayaan mitra bisnisnya / stake holdernya. Saat ini
penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001 berlangsung di berbagai sektor bisnis
komersil manufaktur ataupun jasa serta organisasi non profit dan
institusi pemerintahan.
Dasar atau landasan dari
semua system manajemen adalah PDCA (Plan – Do – Check – Action), yaitu Rencana kan, Lakukan / Kerjakan, Cek / Periksa dan Tindakan /
Tindaklanjuti. PDCA dapat dijelaskan secara ringkas sebagai berikut :
Rencanakan (Plan) Menetapkan Tujuan / sasaran dan
Proses yang diperlukan untuk memberikan hasil yang sesuai dengan kebijakan Mutu.
Lakukan (Do)
Menerapkan proses tersebut.
Cek / Periksa (Check)
Memantau dan mengukur proses terhadap kebijakan mutu , tujuan, sasaran
persyaratan peraturan perundang-undangan dan ketentuan lain yang diikuti
organisasi serta melaporkan hasilnya.
Tindakan
(Act) Melaksanakan tindakan untuk meningkatkan
kinerja sistem manajemen mutu secara berkelanjutan
Comments
Post a Comment